Wednesday, May 15, 2013

Basashi, Camilan Sehat Dari Jepang




Basashi berasal dari bahasa jepang yang berarti daging kuda. Daging kuda maksudnya ialah daging yang dihasilkan dari kuda yang disembelih. Daging kuda rasanya agak manis, empuk, rendah lemak, dan berprotein tinggi. Mirip dengan daging sapi dan daging babi, daging kuda dianggap tabu dalam banyak kebudayaan.


Daging kuda mentah memang favorit orang Jepang. Mereka menyebutnya dengan nama “Basashi”. Di berbagai belahan dunia, memakan daging kuda juga menjadi isu kontroversial. Ada beberapa negara yang tidak mengkonsumsi daging kuda, seperti Inggris. Bahkan di beberapa negara Islam Maghribi, daging kuda hampir tidak pernah dimakan. Hal ini juga terkait dengan fungsi kuda sebagai sahabat manusia dan alat transportasi andalan Di Jepang, basashi menjadi makanan khas beberapa daerah, terutama di Tohoku, Kumamoto, Nagano, dan Oita. Di kota Tokyo, sashimi kuda juga mudah didapatkan. Beberapa izakaya (pub tradisional Jepang), biasanya menyediakan sashimi kuda sebagai salah satu camilan. Di daerah Ebisu, ada satu restoran yang mengkhususkan diri pada daging kuda. Mulai dari steak kuda, yakiniku kuda, hingga sashimi kuda, tersedia di sana.

9 comments:

  1. pernah liat shashimi dari daging kuda ini.. harganya super juga.. mahal.. orang jepang biasanya makan bginian bareng sama sake.. ._.

    ReplyDelete
  2. boleh aja dimakan asal halal dan kudanya itu memang khusus untuk dimakan buakan untuk alat transportasi. tapi makannya ga dalam keadaan mentah juga.. masih banyak bakterinya dan bagus buat kesehatan.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Selagi masih ada daging sapi, ayam dan ikan.
    lebih baik milih yang wajar wajar aja. hehe

    ReplyDelete
  5. informasinya menarik untuk di baca
    sehingga saya menjadi tahu makanan-makanan yang unik

    ReplyDelete
  6. enak nihh kayanya tapi haram yaahhh. ane kan muslim. digoreng dulu yahh min.....

    infonya menarik ... nambah pengetahuan tentang kuliner kaya gini

    ReplyDelete
  7. ini dijadiin steamboat juga enak kok :p

    ReplyDelete
  8. Pas bgt ane suka makan kaya ginian nih kalo pergi ke hanamada keluarga ane min :D emang enak min kalo pake bumbunya

    ReplyDelete