Wednesday, May 15, 2013

Sate Buaya, Patut Dicoba!




Sate buaya memang masih terdengar asing di telinga kita. Tapi ternyata udah banyak lho restoran yang menjajakan sate buaya sebagai menu utama mereka. Memang untuk menemukan restoran yang menjajakan menu sate buaya tidak semudah sate ayam atau kambing, namun ada salah satu restoran buaya yang terletak di dekat penangkaran buaya di Teritip, dekat kota Balikpapan.


Untuk membuat sate buaya, prosesnya tidaklah jauh berbeda dengan sate ayam atau kambing. Pertama, potongan daging buaya diolesi dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Setelah bau amis hilang, daging buaya tersebut dibaluri dengan bumbu khusus sate buaya.


Bedanya dengan sate ayam atau kambing, bumbu dari sate buaya ini jauh lebih banyak ragamnya, seperti bawang putih&merah, laos, ketumbar, jahe, garam, kecap, dan penyedap rasa. Daging buaya itu lalu diaduk di campuran bumbu-bumbu tersebut agar bisa meresap dengan baik. Saat proses pembakaran, sate buaya ini mengeluarkan aroma yang khas.

9 comments:

  1. kalo dalam islam mah diharamkan sekalipun disembelih juga. daripada dibikin sate mending kulit buaya dipake buat industri tas.. lumayan tuh keuntungannya. :D

    ReplyDelete
  2. ugh, ekstrim banget ya --"
    pass deh, ngga berani. takutnya dimakan sama buaya yang laen (?) #ambigu
    anyway new info banget nih XD

    ReplyDelete
  3. kayanya enak nih buat di coba :)

    ReplyDelete
  4. emmm yang ini juga ga mau.... biarpun udah dimasak juga.

    ReplyDelete
  5. SUMPAH itu yang telor bebek setengah jadinya NIKMAAAT!!! Sampe" gw liatnya aja pgn muntah.

    ReplyDelete
  6. hati hati sama sate buayaa hiiiiii ~~~~ ahahahahaha

    ReplyDelete
  7. buaya kan haram.. dia kan bertaring.

    ReplyDelete
  8. Kalau yang ini bayangin namanya aja uda merinding, apa lagi makan disamping induk buayanya, tapi menurut banyak pihak dagingnya memiliki rasa yang nikmat dan khas, (entah mungkin karena sensasinya kali ya), Nice Info.. Keep Posting :)

    ReplyDelete